Pengertian Valuta Asing

Dalam dunia ekonomi, tentu istilah valas atau valuta asing sangat sering digunakan. Namun, bagi orang awam istilah ini bisa jadi sangat asing di telinga. Lalu apa sih sebenarnya valuta asing itu?

Valuta asing adalah alat tukar yang berlaku di pasar internasional. Valas atau valuta asing di akui, di gunakan, di pakai sebagai mata uang suatu negara yang memilki peranan kendali cukup besar di sistem perekonomian dunia.

Misalnya, Dollar. Dollar adalah valuta asing yang paling banyak digunakan seluruh dunia untuk bertransaksi.

Kekayaan suatu negara bisa bermacam-macam, bisa berwujud barang, jasa, atau mata uang yang banyak digunakan sebagai alat transaksi.

Setiap negara memiliki kekayaan tersebut di luar negeri yang disebut devisa. Devisa dalam bentuk mata uang inilah adalah valas atau valuta asing.

Karena valuta asing adalah alat tukar luar negeri, ia tidak bisa digunakan di dalam negeri.

Sayangnya, tidak semua mata uang asing dapat digunakan sebagai alat tukar di perdagangan internasional. Hanya mata uang yang nilainya kuat sajalah yang bisa digunakan di pasar internasional.

Mata uang yang nilainya kuat ini (hard currency) biasanya hanya berasal dari negara maju yang punya pengaruh ekonomi besar tehadap dunia internasioal. Misalnya seperti Dollar Amerika, Yen Jepang, dan Euro.


Sebenarnya untuk apa sih valuta asing ini?


Valuta asing adalah hal yang sangat penting di dunia bisnis. Selain sebagai alat pembayaran yang sah, valuta asing juga memiliki fungsi lain.

Alat tukar internasional

Transaksi internasional ini meliputi trasaksi dalam bentuk barang dan jasa. Jika negera tertentu ingin membeli barang atau jasa dari negara lain, ia harus melakukan transaksi menggunakan valuta asing negara lain tersebut.

Alat pembayaran internasional

Selain sebagai alat tukar, valuta asing juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Misalnya, valuta asing digunakan oleh negara tertentu untuk membayar hutangnya terhadap negara lain.

Alat pengendali kurs

Pengendalian kurs ini dilakukan oleh pemerintah negara. Nilai kurs mata uang tertentu bergarak naik dan turu, sehingga ia perlu dikendalikan.

Agar pergerakan kurs mata uang ini tidak terlalu dratis, valuta sing dapat mengendalikannya.

Alat memperlancar perdagangan internasional

Tentu dengan adanya valuta asing, beberapa negara bisa saling bertransaksi di pasar internasional.

Selain dapat melancarkan perdagangan internasional, valuta asing juga bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi yang dilakukan di pasar valuta asing.


Sistem Valas di Dunia Bisnis Internasional


Dalam dunia bisnis, secara umum ada tiga sistem valas yang berlaku di dunia bisnis internasional. Ketiganya adalah kurs bebas (floating), kurs tetap, dan sistem kurs terkendali.

1. Sistem kurs bebas (floating)

Kurs bebas ini hanya berlaku pada saat terjadi transaksi. Dalam sistem ini, tidak ada campur tangan pemerintah dalam menentukan kurs mata uangnya.

Kurs mata uang diatur berdasarkan permintaan dan penawaran saja.

2. Sistem kurs tetap

Berbeda dengan sistem kurs bebas, dalam sistem kurs tetap, pemerintah punya peran untuk ikut mengatur.

Ikut campur pemerintah ini dilakukan agar pergerakan kurs mata uang tidak telalu ekstrim.

Pengaturan dilakukan lewat bank sentral negara. Bank sentral akan mengatur apabila valuta asing mengalami kelebihan dan kekurangan pasokan.

3. Sistem kurs terkendali

Sistem ini merupakan kombinasi antara sistem kurs bebas dengan sistem kurs tetap. Valuta asing dapat berfluktuasi secara bebas, namu tetap dalam pengaruh pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *