Pengertian Investasi

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah investasi. Investasi sebenarnya adalah kegiatan yang sering orang lakukan sehari-hari.

Menabung untuk membeli produk, misalnya, adalah salah satu contoh sederhana aktivitas berinvestasi.

Tentu investasi tidak sesederhana itu. investasi juga sering kali digunakan untuk mendefinisikan aktivitas penaaman modal dalam jumlah yang besar.

Aktivitas yang berkaitan erat dengan manajemen sumber daya itu bertujuan untuk mengembangkan nilai modal yang dimiliki.


Pengertian Investasi


Investasi dapat diartikan sebagai aktivitas pengelolaan sumber daya berupa penanaman modal dengan tujuan aset tersebut dapat digunakan untuk masa depan.

Investor berharap aset yang dimiliki dapat terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Aset investasi bisa berwujud dalam banyak bentuk. Salah satunya adalah emas, saham, reksadana, bahkan tenaga dan waktupun adalah sebuah investasi.

Asal kata investasi sebenarnya muncul dari bahasa itali yaitu investire yang artinya menggunakan atau memakai.

Secara umum, aset yang dikelola oleh seorang investor akan terus dikembangkan sampai bisa mendatangkan keuntungan.

Pemodal biasanya akan membeli aset yang dapat disimpan terlebih dahulu dan berpotensi bertambah nilaninya setelah beberapa waktu ke depan.


Tujuan Investasi


Tujuan orang melakukan investasi bukan sesederhana menambah kekayaan saja. Tujuan mengembangkan uang agar memperoleh keutungan di masa depan dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu pula.

Masing-masing orang dapat memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Beberapa contoh tujuan investasi antara lainnya adalah:

  • Dana pensiun
  • Dana untuk membuka usaha
  • Menyekolahkan anak
  • Membangun rumah
  • Dana untuk kepentingan sosial
  • Berpartisipasi membangun negara
  • Memenuhi kebutuhan yang akan datang
  • Gaya hidup

Manfaat Investasi


Selain banyaknya tujuan berinvestasi yang berbeda-beda masing-masing orang, investasi juga mampu mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat investasi antara lainnya adalah:

1. Financial freedom

Dengan berinvestasi, kamu bisa memilki kebebasan financial. Kamu bisa memilki pendapatan pasif untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa yang akan datang.

Kamu jadi tidak perlu khawatir akan kemungkinan di masa mendapatang yang bisa mengancam stabilitas keuanganmu.

2. Dana darurat

Di masa yang akan datang kamu bisa jadi akan mendapati momen yang menuntutmu untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Sementara kamu hanya memiliki gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu saja.

Investasi adalah ide yang bagus agar kamu tetap memiliki aset ketika hal-hal tidak diinginkan menimpamu. Misalnya saat terkena musibah, ingin merenovasi rumah, atau membayar tambahan biaya sekolah.

3. Menambah kekayaan

Karena orientasi berinvetasi adalah mengembangkan aset yang ada, keuntungan yang didapat tentu adalah bertambahnya harta yang kamu punya.

Bagi para pekerja, keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi bisa menjadi sumber penghasilan lain yang cukup berarti.

Tidak jarang loh justru hasil dari investasi jauh lebih besar dari pekerjaan tetapnya.

Investasi bisa dilakukan dalam bentuk aktiva riil dan aktiva finansial. Aktiva rill misalnya seperti seperti emas, logam, tanah, properti, dan jenis aset yang nampak lainnya. Sedangkan aktiva finansial bisa berbentuk saham, deposito, maupun sekuritas.

Kamu juga bisa menentukan akan melakukan investasi dalam jangka waktu pendek atau panjang. Waktu yang kamu tentukan ini akan berpengaruh terhadap instrumen investasi yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa memilih berinvetasi emas, logam mulia, atau saham untuk investasi jangka pendek. Atau, kamu bisa memilih isntrumen investasi reksadana untuk investasi jangka pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *