Pengertian Bisnis Online: Tantangan dan Peluangnya

Seiring berkembangnya zaman, banyak peluang pekerjaan baru yang bermunculan. Kemunculan hal-hal baru tersebut bisa menjadi alternatif dalam mencari uang. Salah satu peluang besarnya ada pada bisnis online.

Berdasarkan sensus BPS, jumlah wirausahawan Indonesia kini telah mencapai 3.1 persen angkatan kerja.

Sangat jauh dari negara-negara maju seperti China, Singapura, Jepang, dan Amerika yang angkanya lebih dari 10 persen jumlah angkatan kerjanya.

Meski angkanya tertinggal jauh, bisnis online masih menjadi peluang besar hingga sekarang.


Pengertian Bisnis Online


Bisnis yang banyak orang pahami adalah segala aktivitas yang punya orientasi mendapatkan laba atau keuntungan.

Sedangangkan online adalah segala kegiatan yang behubungan dengan jaringan komputer, sehingga sederhananya, bisnis online bisa kita artikan sebagai aktivitas jual beli yang dilakukan melalui internet.

Jika dahulu orang harus berkunjung ke toko untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan, dengan bisnis online semua orang bisa melakukannya hanya dengan memanfaatkan jaringan internet saja.

Aktivitas secara online tersebut bisa dilakukan mulai dari usaha menawarkan produk, melayani konsumen, hingga transaksi dengan pelanggan. Sangat mudah sekali bukan?

Bisnis online tentu bisa dilakukan oleh individu maupun kelompok. Tidak harus di toko, siapapun bisa memulai bisnis onlinenya dimana saja.

Orang-orang bisa menjalankan bisnis onlinenya melalui website, media sosial, maupun marketplace.

Salah satu alasan mengapa banyak orang berminat menjalankan bisnis online ini adalah karena kemudahannya.

Bayangkan, orang tidak harus memiliki produk untuk bisa berjualan. Ia bisa menjadi reseller, atau cukup membangun afiliasi dengan individu arau kelompok yang memiliki produk atau jasa tersebut.

Cara kerjanya adalah dengan mengambil sekian persen keuntungan dari produk atau jasa milik orang lain yang ia tawarkan.

Selain karena kemudahan memiliki produk, bisnis online tentu bisa menjangkau pasar lebih luas.

Toko-toko yang ada di internet bisa dikunjungi oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja tanpa terhalang jarak dan waktu.

Produsen dan konsumen bisa sangat fleksibel menjalankan bisnisnya tanpa mengeluarkan banyak biaya operasional.

Tantangan Bisnis Online

Meskipun bisnis online menawarkan banyak kemudahan, tentu hal tersebut tak luput dari banyaknya tantangan yang datang menerjang.

Ada banyak kendala yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis online. Diantaranya adalah maraknya penipuan yang muncul di sosial media.

Penipuan tersebut bisa dalam bentuk ketidaksesuaian produk yang ditawarkan, kredibilitas penawar produk atau jasa, maupun masalah lain yang disebabkan karena transaksi yang tidak dilakukan secara langsung.

Kemajuan teknologi dan kemudahan internet juga membuat siapapun bisa dengan mudah menjadi pelaku bisnis online. Oleh karena itu, pesaing bisnis online menjadi sangat banyak.

Penjual harus punya daya tawar yang tinggi di tengah maraknya produk dan penawaran jasa yang sangat beraneka ragam bentuknya.

Kemampuan yang harus dikuasaipun tidaklah mudah. Keterbatasan pengetahuan tentang bisnis online, perkembangan teknologi, hingga media yang terus berkembang membuat banyak orang gagal beradaptasi dengan hal-hal baru yang muncul.

Hal ini menjadi tantangan yang cukup besar bagi siapapun yang ingin bergelut dengan bisnis online.

Peluang Bisnis Online

Peluang yang muncul dari bisnis yang dilakukan secara onlinepun tidak kalah menarik.

Ada banyak profesi baru yang muncul, seperti pengiklan website, content/copywriter, digital marketer, dan lain sebagainya.

Semakin banyak profesi baru yang bemunculan, semakin banyak alternatif cara yang bisa dilakukan oleh orang untuk mendapatkan uang.

Pada intinya, bisnis online bukanlah sesuatu yang baru. Akan tetapi, bisnis online akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Sehingga pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas tetap harus jadi modal agar terus bisa beradaptasi dengan kemunculan hal-hal baru di dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *